Bapenda Kota Bengkulu : Parkir Indomaret dan Alfamart Sudah Berizin

BENGKULU, PHR News.id – Belum lama ini Kota Bengkulu dihebohkan oleh pemberitaan penangkapan Juru Parkir (Jukir) yang melakukan pungli di Indomaret dan Alfamart.

Sore Jumat, (18/6/2021) Pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bersama Manajemen Indomaret beserta Alfamart menindaklanjuti penangkapan tersebut dengan melakukan mediasi di Mapolres Bengkulu.

Disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu Hadianto mengatakan, bahwa hasil dari mediasi menghasilkan kesepakatan, nanti pihak Indomaret dan Alfamart akan melakukan pemasangan Marka parkir dan selanjutnya akan ada pencatatan keluar masuknya kendaraan di halaman parkir untuk menghitung besaran pajak kedepannya.

“Untuk pajak parkir kendaraan tidak bisa ditetapkan perhitungannya karena di luar retribusi dari Peraturan Daerah (Perda) dan nanti itu tergantung kepada pihak pengelola,”  kata Hadianto.

Lanjut Hadianto, sebenarnya dari pihak Manajemen Indomaret dan Alfamart sudah membayar pajak parkir dari sejak tanggal 2 Juni 2021 dengan total dua puluh lima juta delapan ratus ribu rupiah.

Sementara itu, Pihak Manajemen Indomaret Firdaus Jaelani menjelaskan bahwa tadi telah disepakati untuk pihak Indomaret melakukan pengelolaan pajak parkir sendiri.

“Karena kita telah melakukan pembayaran pajak parkir maka tentu kita sudah bisa mengelola parkir sendiri,” jelas Firdaus.

Namun tadi ada beberapa catatan-catatan bahwa ada ketentuan batas lahan parkir tersebut. Apabila lahan tersebut berada di halaman Indomaret maka kita kelola sendiri.

Dijelaskan Firdaus, untuk para Jukir nantinya akan diberi indentitas tersendiri diluar dari identitas para Jukir Dinas perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu.

“Identitasnya bukan berupa SPT ataupun sebagainya namun identitas yang berlogo Indomaret dan tentu tugas mereka nanti bukan hanya mengatur kendaraan akan tetapi juga menjaga kebersihan dan menjaga keamanan,” tutupnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.