Waka I MRBI Ajak Masyarakat Provinsi Bengkulu Tunaikan Zakat

PHR News.id – Wakil Ketua I Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Provinsi Bengkulu H. Romli Ronan,Lc,MHI dalam Khutbah Jum’atnya tadi siang di MRBI mengatakan, pentingnya setiap masyarakat Provinsi Bengkulu terkhusus lagi dikalangan PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk menunaikan zakat terutama zakat mal (zakat harta).

Menurut Romli Ronan yang juga Wakil Ketua I BAZNAS Provinsi Bengkulu ini, kemarin jajaran BAZNAS Provinsi Bengkulu telah menemui Gubernur Bengkulu DR. drh. H. Rohidin Mersyah,MMA dan telah mensosialisasikan Surat Keputusan (SK) Gubernur Bengkulu Nomor E.329.B.1 Tahun 2022 tentang pedoman pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Provinsi Bengkulu.

“Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Bengkulu Nomor E.329.B.1 Tahun 2022 tentang pedoman pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Provinsi Bengkulu maka sebaiknya masyarakat Provinsi Bengkulu kita pada umumnya dan kalangan PNS atau ASN khususnya untuk bisa menunaikan zakatnya sebesar minimal 2,5% (dua setengah persen) dari penghasilan perbulannya, zakat yang dikumpulkan BAZNAS ini nantinya tiada lain untuk disalurkan ke-masyarakat Provinsi Bengkulu itu sendiri,” ungkap Ustadz Romli sapaan akrabnya, Jum’at (15/7).

Dikatakan juga Romli Ronan, BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) memiliki peran strategis untuk mengurangi kemiskinan dan stunting serta BAZNAS telah berupaya untuk mensejahterakan umat di berbagai daerah terkhusus di Provinsi Bengkulu.

“Peran Baznas sangat dibutuhkan masyarakat  dan dibutuhkan mereka pemberi zakat atau muzaki, jadi kita ini diibaratkan sebuah sapi lidi yang menyatu dan siap untuk difungsikan, namun jika sapu lidi hanya sendirian alias cuma satu saja tidak dihimpun dalam lidi lainnya maka barang tentu tidak akan maksimal dalam mengupayakan fungsi dari sapu lidi ini, maknanya bahwa dengan dikoordinir oleh lembaga BAZNAS setiap pengumpulan zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat Provinsi Bengkulu dan kalangan PNS atau ASN maka semua itu akan tersalurkan secara maksimal pada golongan yang berhak menerimanya,” demikian pesan penting dari penyampaian intisari Khutbah Jum’at Waka I MRBI ini.

Hasil pantauan Jurnalis PHR News.id dilapangan, terlihat Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu DR. H. Rosjonsyah,S.IP,M.Si turut serta Sholat Jum’at berjama’ah di Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Provinsi Bengkulu beserta unsur sejumlah Forkopimda Provinsi Bengkulu, Ketua Umum Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Ustadz DR. H. Dani Hamdani,M.Pd, Sekretaris Umum MRBI Drs. H. M. Ch. Naseh,M.Ed dan sejumlah Insan Pers Media serta masyarakat umum Provinsi Bengkulu. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.