Tahun Ini Festival Tabut Bengkulu Kembali Dirayakan Secara Terbuka

PHR News.id, – Pemprov Bengkulu bersama seluruh pihak terkait memutuskan kembali melaksanakan Festival Tabut Bengkulu tahun 2022 secara terbuka, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Dikatakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2022 akan diorganisir dengan baik. Sehingga tampilannya akan lebih baik dan rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat lebih terjamin.

“Jadi nanti akan dihadiri langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno pada 3 atau 4 Agustus yang akan datang. Pelaksanaan akan langsung di-organize oleh sebuah lembaga event, termasuk dalam pengelolaan bazar. Sehingga tidak diserahkan ke KKT maupun ke kelompok lainnya tapi langsung dikelola melalui pemerintah dan akan kita tunjuk lembaga yang bertanggungjawab,” terang Gubernur Rohidin usai pimpin Rapat Pembahasan Persiapan Festival Tabut Provinsi Bengkulu Tahun 2022, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Jum’at, (15/07/2022).

Kemudian terhadap stand yang akan disediakan pada Festival Tabut Bengkulu 2022, Gubernur Rohidin juga meminta pihak pengelola untuk menyediakan dengan harga yang terjangkau.

“Harga stand juga jangan terlalu mahal, agar masyarakat bisa melakukan usaha kecil menengah dengan menjual produk mereka dengan laris,” pungkas Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Ketua KKT Bencoolen Syafril mengatakan, sebagai lembaga atau perkumpulan tradisi ritual Tabut berdasarkan Keputusan Kementerian Hukum dan HAMĀ  bernomor 0000459.AHA.01.08.TAHUN 2022 tertanggal 11 Maret 2022, pihaknya siap melaksanakan ritual Tabut selama 10 hari, mulai dari 1 hingga 10 Muharram 1444 Hijriyah.

“Kami dari KKT Bencoolen siap mendukung lancarnya pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2022. Pada 7 Muharram nanti kami siap melaksanakan Tabut Naik Puncak hingga prosesi Tabut Tebuang pada 10 Muharram,” jelasnya.

Tambah Syafril, nantinya akan ada 8 bangunan Tabut Sakral yang akan ditampilkan serta 16 Tabut Budaya dan juga diramaikan dengan pertunjukan Telong- Telong atau Ikan-Ikan mulai malam ke 7 Muharram.

“Jadi pelaksanaan Tabut Naik Puncak hingga Tabut Tebuang hanya dilakukan di satu lokasi yaitu di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu,” tutupnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.