Peringati HKN, Bupati Syamsul Buka Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Rejang Lebong, Phrnews.id – Bertempat di SMPN 01 Rejang Lebong, digelar kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi serentak se-Indonesia yang dihadiri secara langsung oleh Bupati Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, M.M. didampingi Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah, S.H.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022 dan pencapaian rekor muri nasional atau internasional dengan jumlah sekolah terbanyak melaksanakan aksi bergizi yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Rejang Lebong mengatakan kegiatan tersebut di pelopori oleh Kementerian Kesehatan melalui kampanye Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk mencegah anemia dan stunting bagi anak.

“Upaya preventif dan promotif yang dilaksanakan hari ini diharapkan dapat menjadi perilaku kebiasaan yang baru nantinya bagi anak sekolah mulai dari tingkat SMTP atau sederajat dan SMTA atau sederajat untuk mencegah anemia dan stunting,” ujar Syamsul, Rabu (26/10/2022).

“Kepada seluruh sekolah diharapkan juga dapat menjadi contoh yang baik sehingga peserta didik nantinya dapat menyosialisasikan kegiatan ini baik di lingkungan masyarakat atau keluarganya masing-masing agar terciptanya masa depan anak indonesia yang lebih ceria,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Rephi Meido Satria, SKM, mengatakan Aksi Bergizi Nasional terdapat dua sekolah yang menjadi lokus yaitu SMPN 1 Rejang Lebong dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong diikuti seluruh SMP/SMA sederajat se-Kabupaten Rejang Lebong.

“Kegiatan ini melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah, khususnya remaja putri sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini,” pungkasnya.

Lanjutnya, Rephi berharap kegiatan tersebut dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

Adapun Kegiatan ini bertujuan untuk, Pertama, meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya Tablet Tambah Darah, olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang (Aksi Bergizi). Kedua, meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin (setiap minggu). Ketiga, meningkatkan kolaborasi lintas sektor pusat dan daerah terkait dalam rangka penyelenggaraan Aksi Bergizi di sekolah.

Untuk diketahui, rangkaian acara dimulai dengan senam bersama seteah itu diajukan dengan sarapan sehat dan minum tablet FE bagi remaja putri kemudian diakhiri dengan pengisian aplikasi ceria.

Tampak hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Rejang Lebong Drs. Novrianto, M.M., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rejang Lebong Rezza Fakhlevi, S.H., Kepala Dinas Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong Dodi Syahdani, S.Sos,M.Si, dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Indah Tri Wahyuni Hendra, A.Md. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.