Mengenal Lebih Dekat Dengan Sosok ” H ZAINAL S.sos, M Si ” Caleg DPRD Provinsi Dapil Kepahiang Pada Pemilu 14 FEBUARI 2024

PHR News.id – Inilah Sosok  ” H Zainal, S.sos, M Si ” Caleg Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Kepahiang pada Pemilu 2024 mendatang. Di mata warga Kepahiang, Zainal sapaan akrabnya ini, adalah sosok yang Peduli berkomitmen dan Merakyat.

Zainal terdaftar sebagai caleg di DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Kepahiang Ia mengatakan dirinya maju sebagai caleg untuk berusaha untuk menjadi orang yang bermanfaat dan baik bagi masyarakat.

Zainal,S.Sos.,M.Si duduk di Parlementaria (DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Daerah Kepahiang) yang juga sekaligus Ketua Fraksi PKB.

Untuk diketahui publik, sebelum memulai karirnya sebagai Politisi, Zainal sendiri awalnya adalah seorang wirausaha/wiraswasta setelah lulus kuliah tahun 1995, kemudian di tahun 1998, ia diajak Rio Capella temannya yang juga Politisi untuk mencoba Calon Legislatif (Caleg) di kursi Wakil Rakyat ini.

“Namun kala itu saya belum mau, karena saat itu masih mau menata ekonomi saya saat itu dagang hasil bumi,” ujar Zainal pada PHRNews.id, Rabu (17/01/2024).

Suami dari Dermaneri ini juga menyampaikan, perjalanan politiknya sebagai seorang wakil rakyat bukan lagi seumur jagung karena sudah dimulai sejak tahun 2004 sehingga Zainal sudah banyak menelan asam garam (pengalaman) di dunia perpolitikan.

Dimulai pada tahun 2004, Zainal pertama kali maju ke bursa calon legislatif, dikala itu, Zainal berhasil mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Kepahiang.

“Alhamdulillah dapat kursi di DPRD Kabupaten Kepahiang. Saat itu, untuk jadi Ketua bukan dengan sistem mendapatkan kursi terbanyak,” jelas Zainal.

Untuk menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada saat itu bukan otomatis partai dengan perolehan suara terbanyak artinya dipilih oleh rekan-rekan satu kantornya.

Sehingga Zainal memberanikan diri untuk mencalonkan diri sebagai Ketua DPRD kabupaten Kepahiang.

Keputusan ini, diambil setelah konsolidasi dengan teman-teman di DPRD terlebih dulu.

“Alhamdulillah, saya diberi amanah kawan-kawan Politisi waktu itu sebagai Ketua DPRD Kepahiang yang pertama. Lalu, di 2009 saya ikut lagi, Alhamdulillah saya dapat kursi lagi,” kenang Zainal.

Kemudian di kompetisi Pemilu 2014 juga, dirinya berhasil kembali mendapatkan kursi. Saat itu, sebenarnya dirinya pada tahun 2014 menginginkan melangkah ke Provinsi, namun intruksi dari Partai PKB belum merestui, dan mengamanatkan agar Zainal masih mengabdi di Daerah Kabupaten Kepahiang.

“2019, andai kata belum disuruh ke DPRD Provinsi itu, saya istirahat. Tapi ternyata mandat ke Provinsi ada, dan sekarang Alhamdulilah sebagaimana saudara Wartawan lihat dapat kursi dengan suara terbanyak. Saya terpilih kembali dan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kita diberikan kepercayaan untuk menduduki amanah kursi Ketua Fraksi PKB di DPRD Provinsi Bengkulu,” ungkap Zainal dengan penuh wajah sumringah dan optimisnya.

Prinsip hidup, yang ia jadikan moto, bahkan hingga saat ini masih dipegangnya adalah “Berusaha untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.”

Kalimat mutiara ini, ia dapat setelah beberapa tahun terjun dan aktif berorganisasi. Dimulai pada tahun 1990, ia lulus di Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) dan dilanjutkan mengikuti PMII dan Gerakan Mahasiswa Kosgoro . Diwadah Kosgoro ini, dirinya mulai membaur dengan masyarakat. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.