FPLA Perdana di Rejang Lebong Resmi Dibentuk

PHR News.id – Berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan dalam Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) yang difasilitasi Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dengan berkoordinasi Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IAIN Curup maka terbentuklah secara resmi dan merupakan perdana (pertama) untuk di Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu terbentuk Pengurus FPLA (Forum Pemuda Lintas Agama).

Hal ini disampaikan langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong DR. H. Nopian Gustari,S.Pd.I,M.Pd.I melalui Kasi Bimas Islam nya Drs. H. Akhmad Hafizzudin,MHI saat diwawancarai Jurnalis Media Online PHR News.id.

“Alhamdulillah tadi telah kita saksikan bersama musyawarah yang dipandu dalam rapat formatur bersama semua delegasi Tokoh-Tokoh Pemuda Lintas Agama mulai dari Tokoh Pemuda Muhammadiyah (PM), Gerakan Pemuda (GP) Anshor Nadhlatul Ulama, IPPNU (Ikatan Putra/Putri Pelajar N.U), Pemuda Nasrani (Kristen Protestan/Kristen Katholik), delegasi PERTI (Persatuan Tarbiyah Islamiyah), Pemuda Hindu, Pemuda/di Buddha kecuali delegasi Pemuda Ummat Konghucu belum bisa hadir membersamai forum ini dan Alhamdulilah semua rangkaian musyawarah berjalan dengan lancar dipandu oleh Akademisi (Dosen senior) Saudara DR. Hendra Harmi,M.Pd yang juga Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IAIN Curup serta ada juga unsur dari delegasi Penyuluh Agama yang juga Jurnalis (Wartawan Madya selevel Magister) Aditya Candra Utama,S.Kom.I, Tokoh Agama Nasrani yang juga Pembimas Nasrani (Kristen Protestan dan Kristen Katholik) dan delegasi ASN Penyuluh Agama Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Rojaunah,S.Ag,” ujar Hafiz sapaan akrab Kasi Bimas Islam ini pada PHRNews.id, Jum’at (10/6).

Sementara itu, salah satu Dosen PNS/ASN Senior dari IAIN Curup yang juga Ketua LPM IAIN Curup menuturkan, sebagai amanah menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) maka salah satu diantaranya pengabdian pada masyarakat dan ummat beragama.

“Melalui esensi Tri Dharma Perguruan Tinggi terkhusus PTAI IAIN Curup kita dan sesuai dengan Visi-Misi yang lagi maraknya digaungkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia (MENAG RI) kita Bapak Yaqut Khalil Qaumas menanamkan esensi Moderasi Beragama didalam kehidupan ummat beragama maka sangat diperlukan dikalangan anak muda millineal dibentuk forum yang dinamakan ‘Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA)’ dan FPLA ini adalah perdana atau pertama terbentuk di Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kita,” demikian disampaikan sosok Akademisi (Dosen senior) Alumni Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.