Wapres Buka AICIS ke 20 Surakarta, Plt Rektor UIN Bengkulu Hadir

UIN BENGKULU, PHR News.id -Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Ke 20 Tahun 2021 dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin secara virtual. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Menteri Agama RI, Walikota Surakarta serta seluruh Rektor PTKI se Indonesia termasuk Plt. Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Dr. KH. Zulkarnain, M. Pd di The Sunan Hotel, Surakarta, Senin (25/10).

“Tema ini sangat tepat ditengah perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, serta tema ini juga sesuai dengan kondisi dunia saat ini akibat dampak pandemi covid-19,” Jelas Wakil Presiden RI saat membuka AICIS ke 20 secara Virtual.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin saat membuka AICIS ke 20 tahun 2021 secara Virtual

Menteri Agama juga mengapresiasi kegaiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Ke 20 Tahun 2021 yang mengung tema ‘Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy’.

“Penguatan kapasitas kepada para ilmuan dikalangan kementerian agama serta seluruh ilmuan dari berbagai negara yang diharapkan mampu untuk bertukar pengalaman dalam penulisan kajian ilmiah antar penulis lokal maupun internasional”. jelas Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas saat menyapaikan sambutannya.

Ditambahkan oleh Menteri Agama RI menjelaskan dengan adanya kegiatan ini Sesuai dengan tema Menteri Agama menyampaikan tema tersebut untuk menjawab dinamika perubahan Islam dunia, selain juga mampu melihat lebih dekat bagaimana reaktualisasi fikih dan kebijakan publik dari sudut pandang Islam dalam beragam isu seperti pandemi, moderasi beragama, kerukunan, harmoni, tata kelola pendidikan, serta isu spesifik lain seperti isu wisata halal, dan lainnya.

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengapresiasi tema AICIS tahun ini. Dia berharap, forum diskusi dosen dan peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ini dapat memberikan kontribusi teoritik dan praktik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang tengah di hadapi bangsa, utamanya dalam merespon perubahan global.

“Gelaran AICIS diharapkan berdampak dalam penguatan identitas ilmu pengetahuan Islam Indonesia yang menjadi rujukan keilmuan Islam dunia. Hal ini diusung sebagai respon terhadap dinamika perubahan global yang terus menerus terjadi,” ujar Ali Ramdhani di Surakarta.

Plt. Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Dr KH. Zulkarnain, M. Pd turut hadir dalam kegiatan AICIS ke 20 Surakarta tahun 2021 yang di dampingi oleh Wakil Rektor 2 Prof. Dr. Moh Dahlan, M. Ag serta Kasubbag Humas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Sri Ihsan, M. Pd. I.

“Alhamdulillah UIN Bengkulu turut hadir pada kegiatan AICIS ke 20 di Surakarta yang telah dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin secara online,” terang Plt. Rektor UIN Bengkulu saat menghadiri secara langsung di Surakarta.

Selain itu beliau juga menambahkan beberapa dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu turut berpartisipasi dalam mempresentasikan artikel ilmiahnya dalam kegiatan AICIS ke 20 Tahun 2021. (Red)

Plt. Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu bersama Menteri Agama RI pada Kegiatan AICIS ke 20 tahun 2021 di Surakarta, Jawa Tengah

Plt. Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu saat menghadiri kegiatan AICIS ke 20 tahun 2021

Plt. Wakil Rektor 2 UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu berfoto bersama Menteri Agama RI.

Kasubbag Humas UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu berfoto bersama Menteri Agama RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.