Pintu Air Irigasi Kinal Ambles, Petani Terhambat Turun Sawah.

PHR NEWS.ID-Peristiwa pintu air irigasi yang terletak di Desa Tanjung Alam Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur ambles karena dihantam air sungai Kinal dikarenakan curah hujan beberapa hari ini cukup tinggi, amblesnya pintu air irigasi tersebut terjadi pada hari Sabtu sore (5/2/2022).

Menurut keterangan dari Kepala Desa (Kades) Desa Tanjung Alam Hilda Kusrianto saat ditemui di kantor desa menerangkan kerusakan pintu air Irigasi tersebut cukup parah sehingga sangat merugikan masyarakat kinal karena yang turun ke sawah (mulai taman padi).

“Ada 100 hektar areal persawahan yang bergantung terhadap irigasi ini jadi jika pintu air ini rusak maka akan sangat berdampak kepada petani,” ujar Hilda.

Lanjut Hilda unsur pemerintahan Desa Tanjung Alam dan juga bersama anggota DPRD Kabupaten Kaur dapil Kecamatan Kinal Erawan Sumantri sudah mengecek langsung ke lokasi pintu air irigasi yang ambles tersebut, selanjutnya pemerintahan desa Tanjung Alam juga akan menemui dinas terkait untuk membahas perbaikan pintu air tersebut.

“Kami sangat berharap kepada  instansi pemerintah terkait agar cepat memperbaiki pintu air tersebut,”ujar Hilda.

Kerusakan yang disebabkan oleh sungai Kinal pasang tidak hanya merusak pintu air namun juga merusak jalan sentra produksi pertanian dan irigasi persawahan. (wwn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.