Peringati Bulan Bahasa, MGMP Bahasa Indonesia Bengkulu Tengah Gelar Perlombaan

Bengkulu Tengah, Phrnews.id – Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si., melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Eka Nuermaini, S.E., M.Pd., membuka secara resmi kegiatan perlombaan dalam peringatan Bulan Bahasa yang diinisiasi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Tengah, di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah, Kamis (28/10/2022).

Tampak hadir Plt. Kadikbud Bengkulu Tengah Sri Rusmiati, S.E., Ketua MKKS, Ketua MGMP SMP/MTS Bengkulu Tengah, serta beberapa undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Eka Nuermaini menyampaikan bahwa peringatan bulan bahasa ini diperingati setiap tanggal 28 Oktober yang merupakan bagian dari Sumpah Pemuda, untuk itu setiap tahunnya diharapkan dapat menjadikan kegiatan peringatan Bulan Bahasa ini sebagai kegiatan tahunan yang akan selalu dilaksanakan.

“Bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi yang diterapkan bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai macam kultur budaya dan suku di daerahnya. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia sangat penting untuk menjadi alat komunikasi antara masyarakat. Selain itu, Bahasa Indonesia sangat sulit untuk di pelajari sebenarnya, oleh karena itu guru Pendidikan Bahasa Indonesia harus dapat bekerja keras memberikan pelajaran tentang kosa kata, tutur kata, arti kata dan seluruhnya bagi Generasi Muda,” jelasnya.

Lanjutnya, bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menyambut baik peringatan bulan bahasa ini, dengan adanya perlombaan yang akan di laksanakan nanti dapat membentuk generasi muda yang produktif, inovatif, cerdas dan bekemauan tinggi untuk memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk juri dalam perlombaan haruslah dapat bersifat objektif dalam penilaian, diharapkan nanti dalam perlombaan dapat benar-benar menghasilkan pemenang yang berkompeten untuk menjadi generasi penerus yang cinta Bahasa Indonesia,M” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sebenar Hati, S. Pd menjelaskan ada sebanyak 125 orang siswa SMP/MTS di Kabupaten Bengkulu Tengah yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba di dalam kegiatan Peringatan Bulan Bahasa ini.

“Dari 125 orang yang mengikuti lomba dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh juri. Lomba-lomba yang diadakan dalam kegiatan ini yaitu lomba cipta puisi, lomba baca puisi, lomba pembacaan UUD 1945 dan lomba-lomba lainnya yang berkaitan dengan bahasa Indonesia. Saya juga mengharapkan kegiatan dalam peringatan bulan bahasa ini dapat dilaksanakan dan didukung setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, semua itu dikarenakan sangat pentingnya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” tutupnya.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.