Sukses, Sosialisasi GERMAS Dipelopori Poltekkes Gandeng Dinkes Rejang Lebong

REJANG LEBONG, PHR News.id – Kolaborasi positif yang diselenggarakan Institusi Politekhnik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Curup Bengkulu dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong sukses sudah diselenggarakan.

Dari hasil pantauan PHR News.id dilapangan, tampak antusias peserta dari berbagai Desa dan Kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong sangat semangat dan fokus mengikuti jalannya kegiatan sosialisasi GERMAS yang difasilitasi Poltekkes KEMENKES dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong Syamsir,S.KM,M.KM yang mewakili Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM mengungkapkan dan membenarkan, jika kegiatan sosialisasi GERMAS untuk masyarakat Rejang Lebong dipusatkan di lapangan sekitar Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) nya.

Dikatakan olehnya, Dinkes Rejang Lebong sebagai sebagai memfasilitasi tempat kegiatan acara sosialisasi GERMAS namun yang punya wewenang penuh kegiatan acara tersebut ada di Poltekkes Curup Bengkulu.

“Kita sifatnya sebagai koordinasi saja. Makanya kita disini kolaborasi alias kerjasama menghasilkan energi positif untuk bersama-sama mensukseskan terselenggaranya kegiatan sosialisasi GERMAS untuk masyarakat Rejang Lebong kita,” sampai Syamsir saat dijumpai dan diwawancarai singkat PHR News.id, Senin (18/10).

Ditambahkan juga Syamsir, melalui sosialisasi GERMAS ini diharapkan semua lapisan masyarakat Rejang Lebong tanpa terkecuali walau Rejang Lebong telah berada di level 1 dan telah masuk kategori zona hijau, pola hidup sehat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas dalam berinteraksi) tetap mutlak ditunaikan oleh masyarakat Rejang Lebong.

“Insya Allah jika kita semua masyarakat Rejang Lebong menjaga pola hidup sehat, makan teratur, menerapkan unsur 5M dalam kesehariannya dan tetap menjaga prokes (protokol kesehatan) makhluk Tuhan bernama Corona tersebut akan segera hilang dari Bumi Pertiwi kita dan khususnya Rejang Lebong ini,” ungkapnya kembali dengan penuh optimis.

Dilain sisi, Direktur Poltekkes Curup Bengkulu Eliana,S.KM,MPH pada PHRNEWS.id mengatakan, melalui program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dipelopori institusi Politekhnik Kesehatan (Poltekkes) nya ini diharapkan bisa mengingatkan dan meningkatkan kesadaran diri masyarakat Rejang Lebong khususnya kalangan terdidik seperti Dosen, Mahasiswa, Mahasiswi dan masyarakat Rejang Lebong pada umumnya untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat.

“Ya benar. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mensosialisasikan dan mengajak semua lapisan masyarakat Rejang Lebong pada umumnya dan kalangan terpelajar seperti Mahasiswa/Mahasiswi, Dosen-Dosen dan Karyawan Poltekkes untuk gencar aktif dalam menjaga prokes baik dalam berinteraksi didalam kampus dan diluar kampus dengan masyarakat sekitar,” ujar Eliana

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi GERMAS ini dipusatkan di lapangan utama kompleks Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir,S.KM,M.KM yang mewakili Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM, lalu turut serta hadir juga Politisi Senayan Komisi IX DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu Hj Elva Hartati,S.IP,MM, Kabid Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Pahlanasion,M.Kes dan disukseskan juga semua peserta sosialisasi GERMAS dari berbagai perwakilan Desa/Kelurahan, Danramil, Kapolsek Curup dan segenap unsur perwakilan Mahasiswa/Mahasiswi Poltekkes Curup Bengkulu. (Redaksi Pimred)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.