Meriah, ‘Sekundang Setungguan’ Tutup Rangkaian Lomba HAB ke-76 Kemenag

PHR News.id-Lagu Sekundang Setungguan dari Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, yang dibawakan perwakilan pelajar Madrasah Se-Provinsi Bengkulu menutup rangkaian acara perlombaan memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama (Kemenag), di Aula Asrama Haji Kelurahan Pekan Sabtu Kota Bengkulu, Senin, (17/1/2022)

Mereka berhasil memukau undangan yang hadir. Bahkan yang menarik, Kakanwil Dr. H. Zahdi Taher.,M.H.I, Ketua Dharma Wanita persatuan (DWP) Hj. Megaharyanti Zahdi secara bergantian dengan Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani.,M.Pd dan Wakil Ketua DWP May Hamdani ikut larut sambil berjoget ria bersama seluruh peserta lomba Solo Song tersebut.

‘’Sekundang setungguan Itulah perangguan, Amun kitau bekawan Sekundang setungguan,’’ lirik lagu itu.

Kemeriahaan acara juga diwarnai dengan aksi kocak, Suci Siswi MAN 2 Kepahiang, juara pertama Stand Up Comedy Moderasi Beragama, yang kembali ditampilkan dalam rangkaian acara penutupan tersebut.  Tak hanya Kakanwil, ratusan orang yang berdiri memadati Aula sontak menyerukan sambil bertepuk tangan sambil meneriakkan yel-yel semangat, sebagai wujud syukur atas kesuksesan acara perlombaan yang digelar tahunan tersebut.

Dari semua cabang lomba yang digelar, Kabupaten Kepahiang keluar sebagai juara pertama Volly Ball Putra, setelah berhasil menumbangkan tim kuat Kanwil dengan skor 3-2, sementara untuk tim Volly Ball Putri Kota Bengkulu berhasil meraih juara pertama setelah mengalahkan tim Kanwil A dengan skor 3-2.

Sedangkan untuk juara Stand Up Comedy Moderasi Beragama tingkat Madrasah keluar sebagai juara pertama yakni Suci dari MAN 2 Kabupaten Kepahiang, juara kedua diraih oleh Putri Ayu Patonah dari MTsN 2 Kaur dan Pilar Bhima Graha berhasil meraih juara ketiga. Sementara untuk juara Rebana kembali direbut oleh Kemenag Kota Bengkulu, juara kedua diraih oleh Kemenag Rejang Lebong, dan juara ketiga disabet oleh Kemenag Seluma.

Dari cabang lomba menghias nasi tumpeng antar DWP, juara pertama diraih oleh Kabupaten Kaur, juara kedua direbut oleh Kabupaten Mukomuko dan juara ketiga diperoleh oleh Kemenag Rejang Lebong. Untuk menghias nasi tumpeng antar Siswi Madrasah, kembali diraih Kota Bengkulu. Juara kedua diraih oleh utusan Bengkulu Utara, sementara juara ketiga diraih Kabupaten Kepahiang.

Untuk lomba Solo Song siswi Madrasah juara pertama diraih oleh Zakia Elwardah dari MAN Kepahiang, sedangkan untuk juara kedua disabet oleh Clara Yolanda Aprianti utusan Siswi MTsN Seluma dan juara ketiga diraih oleh Khaira Nazila Elmarbumi perwakilan dari MTsN Kota Bengkulu.

Hadiah dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Kakanwil, didampingi Ketua DWP dan diikuti oleh Kabag Tata Usaha serta sejumlah Kepala Bidang, perwakilan Pembimbing Masyarakat dilingkungan Kanwil.

‘’Selamat, semoga prestasi ini terus dipertahankan,’’ pesan Kakanwil mengawali kata sambutannya,

Namun demikian, bukan juara yang diperebutkan dalam ajang tahunan ini. Namun makna dari ajang ini yakni kebersamaan, kekompakan bahkan silaturahmi antar jajaran aparatur, siswa-siswi Madrasah se-Provinsi Bengkulu.

‘’Semuanya adalah pemenang, pemenang dalam memupuk tali silaturahmi dan kebersamaan antara kita,’’ tegas mantan Kakan Kemenag Kabupaten Lebong itu.

Kakanwil dalam kesempatan itu mengungkapkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui penghargaan terhadap keragaman budaya bangsa. Apalagi dalam ajang ini, menampilkan lagu pilihan, bahkan kreasi dan inovasi dari daerah masing-masing.

‘’Kesenian, kreasi merupakan wahana untuk mengekspresikan diri. Karenanya saya mengharapkan, teruslah mengembangkan potensi diri, berkarya dengan aksi nyata untuk umat di Provinsi Bengkulu,’’ demikian Kakanwil. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.