Anggota DPRD Provinsi Zainal: Transformasi Pendidikan Karakter Sejak Dini, Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

PHRNews.id- Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal, mengatakan bahwa Bengkulu perlu melakukan transformasi menuju Indonesia Emas 2045 dengan memperkuat pendidikan karakter sejak dini.

Menurut politisi PKB yang mewakili Dapil Kepahiang ini, pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk mengembangkan generasi berkarakter yang kuat.

Zainal menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar dalam membangun generasi berkarakter, yaitu krisis moral, krisis keteladanan, dan krisis perilaku baik. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diintegrasikan dalam semua dimensi, yaitu Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Physical Quotient (PQ).

“IQ adalah kemampuan memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah secara logis dan rasional. Pengukurannya mencakup pengetahuan umum, kemampuan matematika, kemampuan spasial, dan kemampuan verbal,” kata Zainal. Jumat (22/03/2024).’

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa EQ merupakan kemampuan mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi sendiri dan orang lain. EQ membantu seseorang untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain dan mengatasi stres. Zainal juga menyoroti kepentingan SQ dan PQ, yaitu aspek kejiwaan dan fisik yang menjadi penunjang tingkat keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya.

“Kita perlu menyadari bahwa pendidikan karakter sejak dini akan membentuk dasar yang kokoh untuk membangun generasi berkarakter yang kuat dan berintegritas. Oleh karena itu, kita harus bekerja sama untuk mewujudkan transformasi peradaban masyarakat Bengkulu menuju Indonesia Emas 2045 melalui pendidikan yang berkualitas dan berakhlak mulia,” tutup Zainal. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.