Sebuah Potret Kepemimpinan yang Zalim.

PHR News.id -Berbicara masalah kepemimpinan yang zalim, hal ini sudah muncul jauh sebelum Rasulullah hadir di muka bumi ini.

Salah satu potret pemimpin zalim yang Allah gambarkan di dalam Alquran  sebelum diutusnya Nabi Muhammad adalah kisah raja Firaun.

Mark Twain pernah mengatakan, bahwa di dalam hidup ini terjadi pengulangan historis atau pengulangan peristiwa yang serupa.

Apa yang telah dialami oleh masa sebelumnya, bisa saja akan dialami kembali pada masa setelahnya.

Begitu juga dengan kezaliman pemimpin yang dialami oleh orang-orang terdahulu, akan terjadi lagi di masa sekarang dengan pemain yang berbeda.

Kepemimpinan yang Zalim Wahbah az-Zuẖaili dalam tafsirnya menjelaskan, bahwa manakala rakyat yang melakukan kezaliman, Allah akan menguasakan kepada mereka orang yang zalim seperti mereka.

Allah sudah memberi peringatan di dalam Al-Qur’an:

وَكَذٰلِكَ نُوَلِّيْ بَعْضَ الظّٰلِمِيْنَ بَعْضًاۢ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

“Dan demikianlah Kami jadikan sebagian orang-orang zalim berteman dengan sesamanya, sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.” (QS. al-An’am [6]: 129)

Al-A’masy pernah berkata: ”Apabila manusia telah rusak, maka orang-orang jahat di antara mereka akan dijadikan pemimpin mereka”.

Mereka akan mengangkat menteri-menteri dan pegawai istana dari orang-orang yang bodoh dan sesat seperti mereka.

Lalu para pejabat itu akan ditiru oleh kebanyakan orang dalam melakukan perbuatan-perbuatan mereka yang buruk, sehingga kerusakan akan mengalahkan kebaikan.

Ternyata, pemimpin zalim hadir tidak saja dari perilaku pemimpin itu sendiri. Tetapi juga disebabkan karena rakyatnya yang masih berbuat zalim, sehingga dihadirkanlah pemimpin yang seperti mereka.

Selain itu, adanya pemimpin zalim juga disebabkan karena diamnya orang-orang baik yang tidak berani menasehati mereka atau mengingatkan akan kebijakan yang mereka buat.

Sehingga dampak buruk dari kebijakan yang mereka buat terus berkembang dan sulit untuk dientaskan.

Hamka dalam tafsirnya juga memberi nasihat, seharusnya ulama-ulama pada masa sekarang mencontoh nabi Ibrahim yang tidak takut menegur seorang penguasa (raja Namrud) yang berlaku zalim terhadap kepemimpinannya.

Karena menurut Hamka para ulama itu adalah wakilnya para Nabi di dunia. Dampak untuk Negeri Dampak dari kepemimpinan yang zalim selalu memilukan dan tidak mencerminkan kekuasaan yang adil dan beradab.

Kita dapat melihat bagaimana Firaun membunuh bayi laki-laki agar tidak ada yang dapat menggantikan kedudukannya.

Menurut Ibnu Khaldun, kezaliman pemimpin dapat mengakibatkan hancurnya pembangunan. Di antaranya menuntut kerja paksa, menguasai harta-harta manusia dengan membeli apa yang mereka miliki dengan harga rendah, tidak adilnya penguasa dalam pengelolaan pajak, dan menuntut rakyat dengan tanpa hak.

Melihat fenomena pemimpin zalim di negeri sendiri. Di antaranya para pejabat tinggi negara melakukan korupsi atau tepatnya mencuri uang rakyat, tapi mereka masih mendapatkan tempat tinggal mewah di dalam sel.

Padahal, akibat dari perbuatan mereka tersebut bisa membuat perekonomian menurun. Selain itu, dampak dari kebijakan pemimpin zalim tersebut adalah terjadinya krisis kepercayaan rakyat terhadap pemimpin.

Sehingga muncullah sebagian orang yang malas membayar pajak, terjadi perampokan antar warga, dan perebutan kekuasaan. Potret Kepemimpinan Bercirikan Firaun Kita dapat melihat pemimpin yang bercirikan Firaun di masa sekarang telah hadir terang-terangan membuat kebijakan otoriter, baik kepada rakyatnya sendiri maupun kepada negara lain.

Cara Menyikapi Salah satu cara yang telah dicontohkan oleh para nabi terdahulu dalam menyikapi pemimpin zalim adalah berusaha untuk mengingatkan mereka.

Nabi Musa tak lelah mengingatkan Firaun sang pemimpin yang sombong, terkait membuat kebijakan zalim dengan membunuh bayi laki-laki dan membiarkan rakyatnya terpecah belah.

Selain itu, juga dengan cara sabar. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Siapa yang melihat dari pemimpinnya sesuatu yang tidak ia sukai, hendaklah ia bersabar” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hasan al-Basri pernah mengatakan bahwa: “Kezaliman pemimpin itu adalah azab Allah. Sedangkan azab Allah tidak bisa dihadapi dengan pedang, akan tetapi kezaliman pemimpin itu ditolak dengan cara kita kembali kepada Allah, bertaubat kepada-Nya dan memperbaiki diri kita,”

Kenapa salah satu caranya dengan memperbaiki diri? Ini ada kaitannya seperti yang telah penulis singgung di atas, bahwa Allah akan memberi pemimpin sesuai dengan keadaan rakyatnya. Maka, perlulah kita saling mengintropeksi diri agar Allah memberikan pemimpin yang adil, amanah dan berakhlakul karimah. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.