oleh

PBAK UIN, Banjir Ribuan Mahasiswa

PHR News.id– Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu tahun 2022 di banjiri 2300 mahasiswa baru  yang mengikuti pembukaan acara tersebut dilaksanakan di depan Halaman Gedung Rektorat, Jumat (02/09/2022).

Pantauan PHR News.id 2300 mahasiswa datang dari berbagai daearah di Provinsi Bengkulu maupun di luar Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan acara itu tampak dihadiri Gebernur Bengkulu yang diwakili Asisten satu Drs. H. Khair Anwar, M.S.I, Kepala Kantor Kemenag Provinsi Bengkulu, Kepala BIRO Sekretariat Provinsi Bengkulu, Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Prof. Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Ag, M.Pd dan beserta jajarannya.

Ket Foto : Dalam kesempatan ini dihadiri langsung oleh Asisten I Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. H. Khairil Anwar, M.S.I, Kepala Kantor Kemenag Provinsi Bengkulu, kepala BIRO Sekretariat Provinsi Bengkulu, Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Prof. Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Ag, M.Pd beserta jajarannya. Sumber Foto (P-04)
Ket Foto : sambutannya Asisten I Gubernur Provinsi Bengkulu Khairil Anwar

Dalam acara Asisten I Gubernur Provinsi Bengkulu Khairil Anwar memberikan sambutan, Ia memaparkan bahwa, pada acara PBAK beberapa hal penting untuk mahasiswa baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun 2022.

 “Jika sudah masuk di Perguruan Tinggi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, artinya harus ada spesifikasi atau hal hal yang spesifik didalam kampus dari mahasiswa mahasiwa dengan universitas lain,” ungkapnya

Dirinya melanjutkan selain menjadi mahasiswa berkualitas , kita juga harus bisa bertanggung jawab untuk menjaga nilai-nilai islam.

“Zaman sekarang sudah zaman di era digitalisasi yang semuanya tidak ada batas antara dunia nyata dan dunia maya/media sosial itu sangat tipis. Media sosial inilah nanti akan mempengaruhi pola pikir. Kita juga tahu pada zaman sekarang ini, nilai nilai moral, nilai etika kita harus bertanggung jawab bagian itu sebagai mahasiswa,” ungkap Beliau

Ia juga mengatakan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu berdiri bukan tanpa perjuangan yang berat, bukan pula hal yang mudah berdiri UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Dirinya menegaskan kepada mahasiswa baru yang sudah bersumpah dihadapan pimpinan universitas, akan menjadi mahasiswa UIN yang hebat dan berprestasi, lebih kreatif dan inovatif, juga pentingnya tetap menjaga nilai islam yang menjadi pembeda dari universitas lainnya.

Ket Foto : Sang Rektor berpesan

Selaku Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Prof. Dr. KH. Zulkarnain Dali,M.Pd mengatakan, pelaksanaan PBAK hanya di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang pertama kalinya didirikan atau dilaksanakan.

“Rencananya kita akan mengadakan MoU perihal pengembangan kampus nantinya. Ada beberapa Gedung dan lahan UIN Fatmawati harus di pertahankan yang diserahkan oleh Gubernur provinsi Bengkulu. Seperti, Gedung Bungkuk yang sering menjadi lokasi olahraga oleh mahasiswa. Untuk mahasiswa diharapkan jangan terprovokasi nantinya perihal bangunan yang harus di amankan,” terang Rektor.

Ia menjelaskan untuk sistem pembelajaran tahun baru ini akan dilaksanakan secara offline atau tatap muka, sarana prasarana belajar sudah dipersiapkan, baik S1, S2, dan S3 di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sang Rektor berpesan untuk mahasiswa baru harus benar-benar mengikuti pembelajaran dengan baik, generasi muda harus melakukan hal-hal yang baik seperti mengikuti kegiatan kegiatan kampus, misalnya membaca Alquran, ikut bersholawat dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Kemudian dilanjutkan pembukaan kegiatan PBAK secara resmi dengan pemukulan Dol oleh Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Asisten I Provinsi Bengkulu didampingi oleh jajaran pimpinan lainnya.

Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) dilaksanakan selama 3 hari, hari kedua dilaksanakan pengenalan Fakultas masing-masing, dan hari terakhir kembali lagi ke instansi yakni dilakukan penutupan kegiatan PBAK UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. (Red)

Ket Foto : Mahasiswi Baru PBAK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.