Mengenal Olahraga Rekreasi Panjat Tebing (Rock Climbing)

Oleh: NOVA RIVAI

Penulis ialah Mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Universitas PGRI Silampari Kota Lubuk linggau & Aktifis Pengurus Daerah KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Silampari

Salam olahraga!!!

Panjat tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu olahraga alam bebas dan mengutamakan kelenturan dan kekuatan tubuh serta keterampilan menggunakan peralatan maupun batuan cadas tebing.

1910 Panjat tebing pertama kali diperkenalkan di kawasan Eropa, tepatnya di pegunungan alpen, sebelum Perang dunia I di Australia. Pada tahun 1920 pemanjatan tebing barulah menggunakan alat dan pada tahun 1930 adalah tahun keemasan bagi pemanjat di kawasan alpen.

Kegiatan panjat tebing biasanya digemari oleh penggiat alam maupun organisasi berbasis pencinta alam baik itu sekolah, perguruan tinggi maupun masyarakat umum. Dalam pelaksanaan panjat tebing memerlukan perlatan dan teknik. Apa saja itu?

Karamentel
karamentel atau tali pengaman berfungsi untuk melindungi pemanjat dari resiko freefall atau jatuh menghantam tanah.

Harnest
alat panjat tebing yang berfungsi untuk mengamakan tubuh pemanjat yang dihubungkan denan tali.

Carribiner
carribener atau cincin kait berfungsi sebagai alat bantu khusu untuk menyambungkan berbgai alat panjat tebing.

Sepatu
sepatu yang berfungsi sebagai menahan kaki di permukaan tebing dan melindungi dari rasa sakit saat menginjak point atau tonjolan tajam pada tebing.

Ascender
merupakan alat panjat tebing tebing mekanik yang sering digunakan untuk lintasan tali carribiner.

Itulah beberapa peralatan panjat tebing dan masih banyak lagi peralatan yang digunakan saat melakukan pemanjatan.

Adapun teknik-teknik panjat tebing.

face Climbing
teknik ini dilakukan dengan memanjat permukaan tebing yang memiliki rongga sebagai pegangan tangan dan tumpuan kaki. Sehingga tubuh pun akan lebih mudah ketika memanjat.

Slabclambing
teknik ini dilakukan pada tebing yang tidak terlalu tegak dan memiliki permukaan kasar sehingga gesekan pada sepatu atau gesekan badan bisa menjaga keseimbangan dan melakukan pemanjatan.

Itulah tadi teman-teman pembahasan mengenai peralatan serta teknik dari olahraga panjat tebing. Nah, buat aku pribadi olahraga panjat tebing bermanfaat untuk membuat stamina dan kekuatan tubuh menjadi lebih baik akibat intensitas aktifitas fisik yang tinggi. Gak cuman itu, olahraga ini buat aku juga bisa melatih kedisplinan mental karena melatih tingkat konsentrasi yang tinggi. (PHR- 03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.