Masyarakat Antusias Salat Gerhana di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu

Bengkulu, Phrnews.id – Gerhana bulan yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu sekitar pukul 19.00 WIB tadi, dimaksimalkan waktunya oleh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk melaksanakan salat gerhana bulan dipusatkan di Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Provinsi Bengkulu.

terlihat dari pantauan jurnalis media ini di MRBI, antusias masyarakat Provinsi Bengkulu sangat luar biasa ditandai dengan ramainya semua lapisan masyarakat Provinsi Bengkulu berbondong-bondong datang ke Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) guna menunaikan salat sunah gerhana bulan setelah usai melaksanakan salat magrib secara berjemaah.

Turut hadir dalam pelaksanaan salat gerhana bulan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu H. Muhammad Abdu, S.Pd.I., MM dan imam sekaligus khatib pada salat gerhana bulan ini Ustaz KH. Dr. Mawardi Lubis, M.H.I dihadiri juga oleh unsur Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) meliputi, Kepala Sekretariat MRBI Drs. H. Sarjono, Sekretaris Umum MRBI Provinsi Bengkulu Drs. H. M. Ch. Naseh, M.Ed dan semua jemaah MRBI Provinsi Bengkulu.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Muhammad Abdu mengatakan, berdasarkan instruksi dan arahan dari Menteri Agama Republik Indonesia bahwa akan terjadi gerhana bulan diseluruh wilayah Indonesia termasuk Provinsi Bengkulu maka dianjurkan untuk menyegerakan salat sunah gerhana bulan.

“Fenomena seperti gerhana bulan ini kan sangat langkah dan jarang terjadi. Oleh karena itu, semua jajaran Kementerian Agama RI hingga ke seluruh penjuru Nusantara (seluruh wilayah Daerah se-Indonesia,red) sangat dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah muakkad gerhana bulan ini sebagai wujud rasa syukur kita sebagai hambanya pada sang khalik Allah SWT,” ujar Kakanwil Kemenag saat diwawancarai Jurnalis Phrnews.id, Selasa (8/11).

Sementara itu, salah satu aktivis mahasiswa tergabung dalam OKP Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Restu Andiyantoro mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi kebijakan dan langkah tepat diambil oleh segenap Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Provinsi Bengkulu dengan menggandeng jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyegerakan pelaksanaan salat sunah muakkad gerhana bulan untuk di Provinsi Bengkulu ini.

“Ini kebijakan dan langkah tepat serta patut untuk di apresiasi. Benar dikatakan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu tadi bahwa fenomena seperti gerhana bulan ini sangat jarang terjadi alias langkah, oleh karena itu sangat tepat dan bijak jika dilaksanakan salat sunah muakkad gerhana bulan ini,” ungkap Restu. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.