Mahasiswa KKN UINFAS Ajak Pemuda Desa Membumikan Moderasi Beragama

PHRNews.id- Mahasiswa KKN UIN FAS menggelar diskusi tentang moderasi beragama bersama pemuda lintas Iman mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu angkatan V kelompok 11 dan 12 di balai pertemuan Desa Rama Agung Kecamatan Kota Argamakmur Kab. Bengkulu Utara, Senin (3/4/2023).

Turut hadiri perwakilan pemuda masing-masing agama di Desa Rama Agung, Pemuda Katholik, Kristen, Hindu, Budha dan Islam serta karang taruna Desa Rama Agung.

Kepala Dusun 1 Rama Agung Putu Arma menyampaikan bahwa selaku pemerintah desa menyambut baik kegiatan ini, dirinya berharap agar kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN dapat berlanjut dan dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Kami mengapresiasi adanya kegiatan ini dan berharap menjadi langkah awal untuk membumikan moderasi beragama khususnya dikalangan pemuda Rama Agung,” ujar Putu.

Kemudian, di moment-moment berikutnya kita berharap komunitas ini tidak hanya mengangkat tema-tema kerukunan, namun dapat juga mengkaji isu-isu lingkungan hidup, kesetaraan dan yang lainnya.

“Adanya komunitas ini dapat menjadi wadah untuk mempromosikan persaudaraan, dan kerukunan antar dan intern umat beragama sehingga menjadi ruang aman bagi semua,”  tambah salah satu pemuda Desa.

Diketahui, dari ruang diskusi dihasilkan beberapa catatan, pertama; generasi muda memiliki tanggungjawab untuk membangun moderasi beragama. kedua; adanya konflik antar dan intern umat beragama adalah persoalan bersama dan harus diselesaikan secara bersama pula. Ketiga; perlu dilaksanakan dialog pemuda lintas imam secara berkesimbungan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.