oleh

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Menghimbau Masyarakat Jaga Kebersihan

MUKOMUKO,phrnews.id – Tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Mukomuko akhir-akhir ini menyebabkan beberapa penyakit muncul seperti Deman Berdarah Dengue (DBD). Hal ini disebabkan oleh tingginya populasi nyamuk pada saat musim hujan. Di Kabupaten Mukomuko sendiri kasus DBD terbilang cukup tinggi mencapai ratusan kasus.

“Kalau musim hujan yang terjadi sekarang ini mempunyai risiko tinggi terjadinya penyakit karena nyamuk karena pada saat musim hujan perkembangbiakan nyamuk meningkat,” kata Kepala Puskesmas Pondok Suguh, dr.Hj. Vipi Sosilawati kemarin. (15/10/2020)

Diterangkannya, di musim kemarau telur-telur nyamuk yang berada di tempat-tempat kering dan pada saat musim hujan telur-telur tersebut menetas dengan cepat. Telur nyamuk itu bisa bertahan hingga enam bulan di tempat yang kering, sehingga pada saat musim hujan tiba di mana tempat-tempat yang kering akan berisi air dan semua telur-telur itu kemudian menetas, sehingga populasi nyamuk meningkat.

“Otomatis nyamuk sebagai faktor binatang pembawa penyakit seperti Demam Berdarah Dengue akan meningkat. Untuk menekan angka penderita DBD sebaiknya pembersihan jentik harus dilakukan secara rutin apalagi saat ini hujan sudah hampir setiap hari, masyarakat tidak boleh terlena akan kebersihan, selain antisipasi Covid-19 saya ingatkan jaga kebersihan di musim hujan ini,” pungkas Vipi.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko per bulan Agustus kemarin sudah ada 100 lebih masyarakat yang terkena DBD yang tersebar di Kabupaten Mukomuko.

Saat dikonfirmasi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo bahwa kasus DBD  hingga saat ini di Kabupaten Mukomuko sudah mencapai 101 kasus. Dari data yang ada kasus terbanyak yakni di awal tahun 2020 di bulan Januari mencapai 26 kasus DBD.

”Kasus DBD di daerah kita cukup tinggi, dari data yang ada mencapai 100 kasus lebih  dengan rincian bulan Januari 26 kasus, Februari 11, Maret 14, April 17, Mei 17, Juni 5, Juli 3 dan Agustus 8 kasus. Jadi total kasus positif DBD dari Januari  hingga Agustus sebanyak 101 kasus,” kata Bustam.

Bustam mengimbau dan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rumah serta rutin menguras bak mandi dan lain sebagainya. (rls)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.