DPRD Kota Bengkulu Sidak Kesiapan Penanggulangan Covid-19

BENGKULU, phrnews.id – Menindak lanjuti imbauan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan terkait antisipasi penyebaran dan kesiapan penanggulangan Virus Corona (Covid-19), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu infeksi mendadak (sidak) ke berbagai titik pelayanan publik dan OPD, Rabu (18/3/2020).

Titik pertama Dewan datangi Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. Di sini dewan menyarankan kepada Dinkes untuk menambah titik posko dan jumlah masker.

Seperti yang disampaikan Anggota Dewan Komisi I, Aryono Gumay, dirinya meminta call centre di Dinkes ini lebih proaktif dan diedukasikan ke masyarakat.

Usai ke Dinkes, anggota beserta pimpinan dewan ini langsung merapat ke RSHD. Disambut Direktur RSHD, Lesti Cerlyviera, dewan meminta pihak RSHD peragakan SOP saat pasien yang berkemungkinan terjangkit Corona di layani.

Disampaikan Waka I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi, sidak ini dilakukan agar dewan mengetahui apa yang menjadi kendala RSHD saat menghadapi pasien berkemungkinan terjangkit Corona. Alhasil, ada beberapa hal yang memang harus dibenah dan diperjuangkan dewan untuk melengkapi persiapan ini jadi lebih maksimal.

“Tadi kami dengar, pihak rumah sakit sangat membutuhkan Alat Perlindungan Lengkap (APD) lagi. Ini sebagai antisipasi jika pasien corona dengan jumlah banyak, apalagi baju APD ini hanya bisa digunakan satu kali, selain kaca mata dan sepatunya. Nah hal seperti inilah yang coba kita cari solusinya,” ungkap Marliadi.

Sedangkan itu, disampaikan Direktur RSHD, Lesti, dirinya akan membuat rekapan apa saja yang dibutuhkan dan ditingkatkan. Serta surat tersebut akan ia kirim ke dewan.

“Selain APD kami sedang melengkapi fasilitas ruang isolasi yang kami siapkan di gedung belakang. Kami harap dewan juga bisa membantu dalam memaksimalkan pemanfaat ruang isolasi ini, karena memang RSHD hanya memiliki satu ruang isolasi saat ini,” ucapnya.

Diskusi di Diknas Kota Bengkulu

Lalu kemudian, seluruh dewan menuju ke Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Pada kesempatan ini dewan meminta Diknas membuat program edukasi kepada siswa preventif corona, menyiapkan program pembelajaran di sekolah serta mensterilkan sekolah dengan menyemprotkan disinfektan.

“Beberapa yang kami minta ini harus diawasi agar berjalan dengan baik. Alhamdulilah juga, pihak Diknas merespon baik hal itu dan sekarang sedang nemikirkan untuk melakukan apa yang kami diskusikan tadi,” ungkap Waka II DPRD Kota Bengkulu, Alamsyah.

Diharapkan Ketua DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, Diknas memikirkan dalam keadaan seperti ini, proses belajar mrngajar sisawa tidak tergganggu.

“Jangan sampai siswa ketinggalan mata pelajaran. Lalu, jika sudah aktif nanti, Diknas harus mensterilkan lingkungan sekolah, baik dengan penyemprotan disinfektan ataupun cek suhu,” pungkasnya.

Sidak dilanjutkan ke pusat perlanjaan seperti mall. Karena di sini tempat ramai yang yang dikunjungi masyarakat.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.