Dengan Protokol Kesehatan, KPU Kota Bengkulu Siap Sukseskan Pilkada

BENGKULU, phrnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melakukan rapat koordinasi melalui video conference bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Sabtu (12/6/2020). Video Conference ini membahas pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan diselenggarakan pada (9/12/2020) mendatang.

Dalam arahannya, Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah memberitahu bahwa pelaksanan Pilkada 2020 mendatang akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

“Untuk pelaksanaannya nanti kita minta mulai dari pengaturan ruangan dan tempat duduk harus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 dan wajib memenuhi ketentuan mengenai status penanganan covid-19 pada daerah pemilihan setempat,” ujar Martawansyah.

Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaanya nanti sesuai dengan perintah Gugus tugas Covid – 19 untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

“Protokol kesehatan ini harus benar – benar dilaksanakan sesuai dengan perintah Gugus Tugas Covid – 19 pusat untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna memastikan pelaksanaan telah sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Hal ini karena kondisi objektifnya atau kondisi daerah tentu berbeda-beda. Kemudian kebiasaan warga di tiap daerah juga berbeda-beda,” tambahmya.

Sementara itu, Asisten I Kota Bengkulu Bujang HR yang mewakili Walikota Bengkulu setuju dengan arahan Ketua KPU guna menekankan pelaksanaan protokol kesehatan saat pilkada.

“Saya setuju dengan arahan Ketua KPU, pelaksaanaan dengan kondisi pandemi ini kita harus menyiapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, menyiapkan tempat cuci tangan dan lainnya agar semua terhindar dari virus Covid – 19 ini,” ujar Bujang.

Bujang juga meminta untuk semua knstansi terkait memberikan sosialisasi kepada masyarakat sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Ya, saya minta KPU, Dinkes dan instansi terkait untuk sama – sama mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya protokol kesehatan dan berikan pengertian bahwa pelaksanaan ini nantinya terhindar dari Covid – 19 asalkan sesuai aturan yang berlaku,” tambah Bujang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengatakan bahwa Dinkes bersedia menyiapkan petugas guna membantu pelaksanaan protokol kesehatan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami akan turut menyukseskan pilkada ini, saya akan menugaskan beberapa tim medis untuk standby di TPS untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dan melakukan pengecekan suhu tubuh dan lainnya,” ujar Susilawaty. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.