Antisipasi, Pemda BS Bersama Polres BS Himbau Warga Siap Siaga Bencana

MANNA, phrnews.id – Dalam rangka upaya mengantisipasi bencana hidrometereologi yakni bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin. Contohnya banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang, Pemda Bengkulu Selatan (BS) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) beserta instansi terkait menggelar apel siaga.

Dalam kesempatan tersebut, selaku inspektur upacara, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati BS,Isnan Fajri Mkes, mengatakan, Kabupaten BS merupakan wilayah yang termasuk rawan akan bencana. Terlebih lagi saat ini sedang musim penghujan, maka perlu dilakukan berbagai macam kesiapan dan antisipasi dalam menghadapi setiap potensi bencana yang terjadi.

Dalam Apel gabungan Siaga bencana pada Jum’at, (06/11/2020) . Kapolres BS Polda Bengkulu, AKBP Deddy Nata SIK mengungkapkan, keberhasilan penangulangan bencana bergantung pada sistem penanggulangan bencana dengan penunjang sarana dan prasarana yang mumpuni.

Tidak hanya itu, pentingnya koordinasi yang baik antar stakeholder dan masyarakat di wilayah rawan bencana.

“Kita harus selalu siaga bencana, agar resiko bencana bisa ditekan,” ujarnya,

Kapolres BS Mengajak semua elemen, agar rutin melakukan latihan siaga bencana atau melakukan simulasi kebencanaan dan melakukan pemetaan daerah-daerah yang berpotensi terjadinya bencana di samping penanggulangan Covid-19 yang tetap menjadi prioritas penanganan. Sehingga ketika terjadi bencana, alat dan tim sudah siap.

“Kita berharap di BS tidak terjadi bencana, namun jika tetjadi, kita sudah siap jauh-jauh hari untuk menghadapi bencana tersebut,” terang Kapolres BS. (red)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.